Minggu, 21 Mei 2017

Persiapan Kolam Dalam Budidaya Ikan Mujair

Bagaimana sih cara persiapan kolam dalam usaha budidaya ikan air tawar dan mujair? Setelah pembuatan kolam terpal sudah selesai, sebaiknya kolam dikeringkan terlebih dahulu sebagai langkah sterilisasi agar nantinya tidak terdapat bakteri yang bisa mengganggu kelangsungan hidup ikan mujair.

Anda tidak perlu melakukan pemupukan lahan dengan pupuk urea dan pupuk kandang. Sebaiknya kolam selalu berada pada suku 25-30 derajat celcius karena merupakan suhu ideal pemeliharaan ikan mujair.

Sinitasi Air - Untuk sinitasi air dalam budidaya ikan mujair sangat mudah dipelihara jika berada di lingkungan yang bagus, seperti dapat keluar masuk air. Air yang sudah kotor segera diganti dengan yang baru. Meskipun ikan mujair bisa tumbuh dan berkembangbiak dengan mudah, tetap saja sanitasi air harus dipersiapkan.

Pastikan kolam tidak sampai kekurangan air dengan selalu mengontrol jumlah dan kebersihan air. Jika air dirasa kurang maka hanya perlu menambahkan saja. Sisa-sisa makanan di dasar kolam beserta feses ikan sebaiknya juga dibersihkan agar kolam menjadi sehat.  Itulah langkah sederhana budidaya ikan mujair kolam terpal di halaman rumah Anda yang semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar